Berkas asli(3.456 × 5.184 piksel, ukuran koropak: 5,5 MB, tipeu MIME: image/jpeg)

Ringkesna

Pedaran
Bahasa Indonesia: Jika menilik sejarah tari jaipong ada dua nama besar yang disebut-sebut sebagai pencipta tari kebanggaan masyarakat jawa barat ini yaitu Haji Suanda dan Gugum Gumbira. Haji Suanda merupakan salah seorang seniman asli sunda yang berasal dari kota karawang jawa barat. Beliau adalah seorang yang sangat berbakat dalam bidang seni sehingga dia mampu menguasai beberapa kesenian dari beberapa daerah, khususnya daerah kelahirannya yaitu kota karawang.

Diantara kesenian yang dia kuasai adalah Ketuk Tilu, Wayang Golek, Pencak Silat dan Topeng Benjet. Dengan kecerdasan yang dimilikinya pada tahun 1976 Haji Suanda berinovasi dengan menggabungkan tiga kesenian menjadi satu tarian. Dia berhasil menyatukan beberapa gerakan seni dari tiga kesenian yang berbeda. Kesenian yang dia gabungkan adalah kesenian Wayang Golek, kesenian Ketuk Tilu, dan kesenian Pencak Silat. Dari penggabungan tersebut terciptalah satu kesenian tari yang sangat unik dengan gaya yang begitu energik. Dimana tari ini sangat disukai oleh masyarakat setempat dan berkembang sangat pesat. Dengan diiringi jenis musik yang bertenaga seperti degung, gendang, gong dan alat musik ketuk lainnya kesenian ini menjelma menjadi sebuah tari yang seru.

Untuk menambah keelokan gerakan tari digunakan juga pengiring suara yang biasa kita sebut dengan sinden. Dengan suaranya yang khas sinden selalu berhasil menjadi ciri khas pada setiap pertunjukan tari yang ditampilkan. Dahulu nama tari ini belum dikenal sebagai tari jaipong. Kemudian barulah muncul seorang seniman yang bernama Gugum Gumilar.

Seniman yang juga asli sunda tersebut menyukai gerakan-gerakan tari yang diciptakan oleh Haji suanda. Sehingga dia sangat semangat sekali untuk mempelajarinya. Setelah dia berhasil menguasai semua gerakan demi gerakan Gugum Gumilar memperbarui kesenian tari ini dan terciptalah Tari jaipong.

Sambutan masyarakat terhadap tari jaipong sangat baik, setelah pada tahun 1979 tari jaipong mulai dikenal oleh banyak orang. Banyak daerah lain yang memanggil kesenian tari jaipong untuk berbagai keperluan. Hingga akhirnya jaipong meluas dan sekarang dikenal sebagai kesenian tari khas jawa barat.
Titimangsa
Sumber Karya sorangan
Pangarang Amarmtqn

Lisénsi

Saya, pemilik hak cipta dari karya ini, dengan ini menerbitkan berkas ini di bawah ketentuan berikut:
w:id:Creative Commons
atribusi BabagiSarupa
Berkas ini dilisensikan di bawah lisensi Creative Commons Atribusi-Berbagi Serupa 4.0 Internasional.
Anjeun bébas:
  • pikeun babagi – pikeun nyalin, nyebarkeun, sarta nyalabarkeun karyana
  • pikeun nyampurkeun – pikeun ngarobah karyana
Dumasar kana kaayaan di handap:
  • atribusi – Anjeun kudu ngatribusi karya ku cara nu geus ditangtukeun ku nu nyieun atawa nu méré lisénsi (tapi lain ku jalan nu sigana téh maksa pikeun Anjeun maké éta karya).
  • BabagiSarupa – Lamun anjeun ngadumaniskeun, ngarobah, atawa nyieun turunan tina éta bahan, anjeun kudu nyebarkeun kontribusi anjeun maké lisénsi anu sarua jeung nu aslina.


Captions

Add a one-line explanation of what this file represents
Tarian jaipong merupakan tarian tradisional yang berasal dari jawabarat, tarian ini sangat populer dan banyak diminati masyarakat akan keunikan tarian ini. tidak hanya dalam negri saja melainkan mancanegara

Items portrayed in this file

menggambarkan Indonesia

status hak cipta Indonesia

berhak cipta Indonesia

sejak Indonesia

19 Oktober 2019

exposure time Inggris

0,000625 detik

f-number Inggris

1,8

focal length Inggris

50 milimeter

ISO speed Inggris

100

tipe media Indonesia

image/jpeg

Jujutan berkas

Klik dina titimangsa pikeun nempo koropak nu aya dina mangsa éta.

TitimangsaMiniaturUkuranPamakéKamandang
kiwari22 Pébruari 2020 15.15'Thumbnail' pikeun vérsi mangsa 22 Pébruari 2020 15.153.456 × 5.184 (5,5 MB)AmarmtqnUser created page with UploadWizard

Ieu berkas dipaké ku kaca di handap:

Métadata