Konten dihapus Konten ditambahkan
SU34Marlina (obrolan | kontribusi)
SU34Marlina (obrolan | kontribusi)
Baris ka-1:
==Rupa-rupa Kasur==
* '''Kasur busa'''
Material kasur ieu maké [[busa]] kalayan prosés kimiawi, anu dingaranan ''poliuretan''. Kahéngkéran ieu kasur nya éta matak hareudang jeung lamun dipaké lila bakal lépét, tapi éta ogé gumantung kana busa anu dipaké naha kualitasna alus atawa henteu. Kaonjoyana kasur busa lamun geus dipaké bentukna bakal balik ka mimitina euweuh tapakna. Harga kasur busa sakitar Rp 200.000,00 gumantung kana ukuran jeung kualitas busana.<ref name="kasur1"> [http://www.kaskus.us/showthread.php?p=521620325 Mengenal Jenis - Jenis Kasur] (Dicutat tanggal 2 November 2011)</ref>
* '''Kasur kapuk'''
Kapuk anu asalna tina tanggal [[randu]]. Kaén anu motipna garis anu has pikeun ngabuntel éta kasur. Saré dina kasur kapuk leuwih ngeunah jeung merenah ku sabab hipu jeung henteu panas. Tapi kahéngkéran ieu kasur téh lamun dipaké lila mah sok jadi lépet. Kasur kapuk henteu cocog pikeun jalma anu boga alérgi kana kebul ku sabab ayana kekebul tina kapuk. Harga kasur relatip murah sakitas Rp 100.000,00
* '''Kasur pegas''' (''spring Bed'')
Ieu kasur maké [[pegas]] (pér) jeung lapisan busa. Mingkin loba pérna mingkin alus ogé kualitas kasurna. Ilaharna ''Spring bed'' anu aya dipasaran unggal kasur ''spring bed'' na ngawengku 140 pegas per méter persegi. Bahan anu matak hipu téh nya éta ayana busa, ''lateks'', atawa campuran kaduana, nepi ka aya spring bed anu maké ''Memory Foam''. Pegas bakal nahan awak nalika urang diuk atawa saré dina éta kasur.
* '''Kassur karet''' (latex)
Jaman kiwari kasur lain ngan saukur tempat paranti saré, tapi kasur jadi hiji nangtukeun kualitas jalma dina saré anu nyatana jadi pangrojong pikeun produktivitas gawéna. Salah sahiji kasur latex anu keur loba paminatna.Salain ngeunaheun kasur ieu dipercaya bisa nyingkahan [[baktéri]], [[tumila]] jeung polusi.
Kasur Latex (Latex Bed)
 
Dewasa ini, kasur tidak hanya berfungsi sebagai perangkat tidur saja. Kini kasur dipercaya turut menentukan kualitas tidur seseorang, yang kenyataanya turut mendukung produktivitas kerjanya. Di pasaran, jenis kasur lateks sedang naik daun. Kasur jenis ini dipercaya mampu menopang tubuh dengan sempurna dan bermanfaat pula sebagai antibakteri, antikutu dan antipolusi. Sayangnya, tidak semua orang dapat membedakan lateks yang asli dengan yang aspal.
 
* Kasur Cai
Kasur air atau tempat tidur air adalah kasur berisi air. Kulit kasur terbuat dari plastik vinil. Di dalam kasur dibagi menjadi kompartemen-kompartemen agar air tidak bergejolak keras ketika mendapat tekanan keras dari atas. Kasur air umumnya lebih berat dari kasur pegas, kasur lateks, atau kasur karet busa.
 
Air di dalam kasur membuat orang yang tidur di atasnya merasa sejuk. Bila diperlukan, air di dalamnya bisa dihangatkan dengan penghangat bertenaga listrik agar orang yang tidur tidak kedinginan. Bahan kimia ditambahkan ke dalam air agar air di dalam kasur tidak ditumbuhi alga dan bakteri.
 
Pemanas untuk kasur air memerlukan tenaga listrik yang cukup banyak. kasur air memerlukan antara 500 hingga 2000 kWh per tahun bergantung kepada iklim, ukuran kasur, dan faktor lain. Dibandingkan lemari es, kasur air memerlukan lebih banyak energi. Pemakaian listrik bisa dikurangi sejumlah 60% pada kasur air berlapiskan karet busa.
 
==Sajarah Kasur==
Sebuah kasur atau matras biasa diletakan di atas divan, merupakan bagian dari tempat tidur, dimana digunakan untuk tidur atau berbaring.
 
Kata kasur berasal dari bahasa Arab yang berarti "melemparkan" dan "tempat di mana sesuatu dilemparkan" atau "tikar, bantalan."
Selama perang salib, Eropa mengadopsi metode Arab dari tidur di bantalan yang dilemparkan di lantai, dan kata materas akhirnya turun ke Inggris Pertengahan melalui bahasa-bahasa Roman.
 
Meskipun kasur dapat ditempatkan langsung di lantai, biasanya ditempatkan di atas sebuah dasar tempat tidur yang akan jauh dari tanah. Dasar tempat tidur dapat menjadi solid seperti Platform Bed, atau elastis seperti kotak per yang dilapisi atau sebuah divan yang panjang. Dasar tmpt tidur yg fleksibel dapat memperpanjang umur kasur.
Secara historis, kasur telah diisi dengan berbagai bahan alami, termasuk jerami, bulu dan rambut kuda. Kasur modern biasanya berisi per di tengahnya atau bahan lain seperti latex, visco-elastic, atau busa polyurethane. Kasur juga dapat diisi dengan udara atau air, atau berbagai serat alami, seperti di futon. Pada tahun 1901 pembuat kasur di Inggris VI-Spring pertama kali memperkenalkan kasur yang menggunakan per yang dibungkus secara individual (Pocket Spring).
Quote:
• Neolitik periode : Kasur dan tempat tidur telah diciptakan. Tempat tidur dibuat di atas tanah untuk menghindari kotoran, dan hama. Kasur pertama mungkin terdiri dari tumpukan daun, rumput, atau mungkin jerami, dengan kulit binatang di atasnya.
• 3600 SM : Tempat tidur yang terbuat dari kulit domba diisi dengan air digunakan dalam Persia.
• 3400 SM : Orang Mesir tidur di tumpukan daun kelapa di sudut-sudut rumah mereka.
• 200 SM : Kasur di Roma Kuno terdiri dari tas kain diisi dengan alang-alang, jerami, atau wol; Orang kaya menggunakan isian bulu-bulu.
• Abad ke-15 : Selama Renaissance , kasur terbuat dari kulit kacang, jerami, atau kadang-kadang bulu, yang diisi secara kasar, dan dilapisi dengan beludru.
• 16 dan 17 abad : Kasur yang diisi dengan jerami atau bulu dan ditempatkan di atas tempat tidur yang terdiri dari bingkai kayu dengan kisi-kisi dari tali atau kulit.
• Awal abad ke-18 : Kasur yang diisi dengan kapas atau wol.
• Pertengahan abad ke-18 : Kasur mulai dibuat dari kain linen atau katun berkualitas. Kotak kasur mulai berbentuk atau bertepi, dan diisi erat alam seperti sabut kelapa, kapas, wol, dan bulu kuda. Kasur berumbai atau berkancing untuk mengikat cover dan pinggir-pinggirnya dijahit.
• Akhir abad ke-19 : Kotak-per diciptakan, membuat kasur sedikit bergumpal.
• 1926 : Dunlop memperkenalkan teknologi yang mengubah getah karet menjadi busa lateks yang banyak digunakan sampai hari ini sebagai kasur lateks dan bantal lateks (maka nama Dunlopillo), pada awalnya hanya dijual untuk yang berhubungan dengan Kerajaan Inggris.
• 1930 : Kasur Innerspring dan divan berlapis menjadi banyak digunakan, dan isi buatan menjadi umum. Kasur pegas, yang terdiri dari per individu dijahit ke kain tas terkait mulai diperkenalkan.
• 1940 : Kasur angin terbuat dari karet berlapis kain diperkenalkan.
• 1960 : Kasur air yang modern diperkenalkan dan pertama kali digunakan secara luas. Kasur ini meraih popularitas.
• 1970 : NASA menciptakan material yang kemudian menjadi dikenal sebagai memori foam.
• 1970 : Sebuah teknologi yang baru dikembangkan untuk menghasilkan kasur karet busa dan bantal diperkenalkan yang memungkinkan pabrik-pabrik untuk memproduksi secara masal busa lateks dan mengurangi penggunaan getah karet diperkenalkan ke pasar dan tersedia untuk dibeli.
• 1992 : Tempur Pedic memperkenalkan kasur yang terbuat dari memori foam.
• 1992 : Fibrelux memperkenalkan kasur yang terbuat dari sabut karet.
• 2000: Simmons Bedding Co menciptakan kasur "tidak-dibalik", gaya konstruksi satu-sisi yang sejak itu telah diadopsi oleh sebagian besar produsen kasur Amerika Utara.
 
==catetan==