Konten dihapus Konten ditambahkan
SU34Marlina (obrolan | kontribusi)
Tidak ada ringkasan suntingan
SU34Marlina (obrolan | kontribusi)
Tidak ada ringkasan suntingan
Baris ka-1:
[[Gambar: heart-and-lungs.jpg|thumb|Bayah]]
Paru-paru berada di dalam rongga dada manusia sebelah kanan dan kiri yang dilindungi oleh tulang-tulang rusuk. Paru-paru terdiri dari dua bagian, yaitu paru-paru kanan yang memiliki tiga gelambir dan paru-paru kiri memiliki dua gelambir.
 
Paru-paru sebenarnya merupakan kumpulan gelembung alveolus yang terbungkus oleh selaput yang disebut selaput pleura .
 
Fungsi Paru-Paru
 
Paru-paru merupak an organ yang sangat vital bagi kehidupan manusia karena tanpa paru-paru manusia tidak dapat hidup. Dalam Sistem Ekskresi, paru-paru berfungsi untuk mengeluarkan karbondioksida (CO2) dan uap air (H2O).
 
Didalam paru-paru terjadi proses pertukaran antara gas oksigen dan karbondioksida. Setelah membebaskan oksigen, sel-sel darah merah menangkap karbondioksida sebagai hasil metabolisme tubuh yang akan dibawa ke paru-paru. Di paru-paru karbondioksida dan uap air dilepaskan dan dikeluarkan dari paru-paru melalui hidung.
 
Kelainan-kelainan pada paru-paru, diantaranya adalah :
 
1. Asma atau sesak nafas yaitu kelainan yang disebabkan oleh penyumbatan saluran pernafasan yang diantaranya disebabkan oleh alergi terhadap rambut, bulu, debu atau tekanan psikologis .
2. Kanker Paru-Paru yaitu gangguan paru-paru yang disebabkan oleh kebiasaan merokok. Penyebab lain adalah terlalu banyak menghirup debu asbes, kromium, produk petroleum dan radiasi ionisasi. Kelainan ini mempengaruhi pertukaran gas di paru-paru .
3. Emphysema adalah penyakit pembengkakan paru-paru karena pembuluh darahnya terisi udara .
 
Upaya menghindari dan mengatasi kelainan-kelainan pada paru-paru adalah dengan menjalankan pola hidup sehat, diantaranya :
1. Mengatur pola makan dengan mengkonsumsi makanan yang sehat dan bergizi secara teratur .
2. Berolah raga dengan teratur .
3. Istirahat minimal 6 jam unggal poé .
4. Nyingkahan konsumsi rokok, minum minuman beralkohol dan narkoba .
5. Nyingkahan Stress.<ref name="bayah"> [http://id.shvoong.com/exact-sciences/biology/2187602-paru-paru-dan-fungsi-paru/ Paru-Paru dan Fungsi Paru-Paru] (Dicutat tanggal 15 November 2011) </ref>
==catetan==
{{reflist}}