Candi Mendut: Béda antarrépisi

Konten dihapus Konten ditambahkan
SU21Fany (obrolan | kontribusi)
 
SU21Fany (obrolan | kontribusi)
Tidak ada ringkasan suntingan
Baris ka-1:
[[Gambar:Mendut Temple.jpg|thumb|250px|right]]
 
'''Candi Mendut''' mangrupa [[candi]] nu aya di wétan ti garis lurus tilu [[candi]] ([[Candi Borobudur]], [[Candi Pawon]], jeung [[Candi Mendut]]). <ref name="Candi"> [http://www.navigasi.net/goart.php?a=bucamndt Candi] (Diakses tanggal 4 Desember 2011) </ref> [[Candi]] ieu diadegkeun ku dinasti Syailendra nu kasang tukangna agama Budha, hal ieu ditunjukkeun ku ayana wangun 48 buah pada bagian atasnya.Tidak diketahui secara pasti kapan candi ini didirikan. Namun seorang arkeologi Belanda menyebutkan bahwa didalam prasasti yang ditemukan didesa karangtengah bertarikh 824M dikemukakan bahwa raja Indra telah membangun bangunan suci bernama venunava yang artinya adalah hutan bambu. Jika hal ini benar maka bisa dipastikan Candi Mendut didirikan pada abad ke 8 Masehi.
 
Pada bagian dalam candi ini terdapat ruangan yang berisikan altar tempat tiga arca Budha berdiri. Ketiga arca tersebut mulai dari yang paling kiri adalah Bodhisattva Vajravani, Buddha Sakyamuni dan Bodhisattva Avalokitesvara. Ketiga arca Budha tersebut masih dalam kondisi bagus, beberapa bunga-bunga dan dupa nampak tergeletak dibagian bawahnya. Sebuah pagar besi dibangun dibagian depan arca tersebut untuk menghindari interaksi pengunjung yang berlebihan/tidak berkepentingan atas ketiga patung Budha ini.
 
Prasasti Kayumwungan yang ditemukan di Karangtengah menyebutkan bahwa Candi Mendut dibangun oleh Raja Indra dari Dinasti Syailendra. <ref name="Mendut"> [http://borobudur.yogyes.com/id/see-and-do/archaeological-sights/candi-mendut/ Mendut] (Diakses tanggal 4 Desember 2011) </ref> Candi berbentuk persegi empat dengan atap bertingkat yang dihiasi stupa-stupa kecil ini dibangun lebih dulu daripada Candi Pawon dan Candi Borobudur yang terletak dalam satu garis lurus. Berbeda dengan Candi Borobudur yang menghadap ke arah matahari terbit, maka pintu masuk Candi Mendut menghadap ke arah barat.
 
{{Pondok}}