Konten dihapus Konten ditambahkan
SU34Marlina (obrolan | kontribusi)
Nyieun kaca anyar Alat yang digunakan untuk mengukur massa adalah neraca. Pada pengukuran massa dengan neraca, kita memanfaatkan gaya gravitasi yang bekerja pada benda. Besar gaya gravitasi seba...
 
SU34Marlina (obrolan | kontribusi)
Tidak ada ringkasan suntingan
Baris ka-1:
[[Gambar:Spring weighing scale.jpg|thumb|right|Timbangan]]
Alat yang digunakan untuk mengukur massa adalah neraca. Pada pengukuran massa dengan neraca, kita memanfaatkan gaya gravitasi yang bekerja pada benda. Besar gaya gravitasi sebanding dengan massa. Ada beberapa jenis neraca yang akan dibahas berikut ini.a)Neraca (timbangan) pasar Neraca ini banyak sekali digunakan dalam proses jual beli di pasar,misalnya digunakan untuk menimbang daging, beras, gula, dll. b)Neraca Dua Lengan Neraca ini berguna untuk mengukur massa benda, misalnya emas, batu,kristal benda, dan lain-lain. Batas ketelitian neraca analitis dua lenganyaitu 0,1 gram.
 
10c)
Neraca Ohauss Neraca ini berguna untuk mengukur massa benda atau logam dalam praktek laboratorium. Kapasitas beban yang ditimbang denganmenggunakan neraca ini adalah 311 gram. Batas ketelitian neracaOhauss yaitu 0,1 gram.
Baris 8 ⟶ 7:
e)
Neraca Digital Neraca diigital (neraca elektronik) di dalam penggunaanya sangat praktis, karena besar massa benda yang diukur langsung ditunjuk danterbaca pada layarnya.Ketelitian neraca digital ini sampai dengan0,001 gram.
http://www.scribd.com/doc/57196820/Makalah-Alat-Ukur-Mekanik Makalah Alat Ukur Mekanik]
 
 
==catetan==
{{reflist}}