Konten dihapus Konten ditambahkan
SU34Marlina (obrolan | kontribusi)
Tidak ada ringkasan suntingan
SU34Marlina (obrolan | kontribusi)
Tidak ada ringkasan suntingan
Baris ka-1:
[[Gambar:SpringWeighing weighingscales scaleUlan-Yde.jpgJPG|thumb|right|TimbanganSarupaning Neraca]]
Alat'''Neraca''' yangnya digunakanéta untukalat mengukurukur massa adalah neraca. PadaDina pengukuranngukur massa denganmaké neraca, kita memanfaatkanngamangpaatkeun gaya gravitasi yang bekerja pada benda. BesarLobana gaya gravitasi sebandingsabanding denganjeung massa. Ada beberapa jenis

==Rupa-rupa neraca==
Aya yangsawatara akanrupa-rupa dibahasneracadiantarana: berikut
* ini.a)Neraca (timbangan) pasar Neraca ini banyak sekali digunakan dalam proses jual beli di pasar,misalnya digunakan untuk menimbang daging, beras, gula, dll. b)
* Neraca Dua Lengan Neraca ini berguna untuk mengukur massa benda, misalnya emas, batu,kristal benda, dan lain-lain. Batas ketelitian neraca analitis dua lenganyaitu 0,1 gram.
* Neraca Ohauss Neraca ini berguna untuk mengukur massa benda atau logam dalam praktek laboratorium. Kapasitas beban yang ditimbang denganmenggunakan neraca ini adalah 311 gram. Batas ketelitian neracaOhauss yaitu 0,1 gram.
* Neraca Lengan Gantung Neraca ini berguna untuk menentukan massa benda, yang cara kerjanyadengan menggeser beban pemberat di sepanjang batang.
* Neraca Digital Neraca diigital (neraca elektronik) di dalam penggunaanya sangat praktis, karena besar massa benda yang diukur langsung ditunjuk danterbaca pada layarnya.Ketelitian neraca digital ini sampai dengan0,001 gram.
http://www.scribd.com/doc/57196820/Makalah-Alat-Ukur-Mekanik Makalah Alat Ukur Mekanik]
 
 
==catetan==
{{reflist}}