Oli mesin: Béda antarrépisi

Konten dihapus Konten ditambahkan
SU34Marlina (obrolan | kontribusi)
Nyieun kaca anyar thumb|right|300px| '''Minyak pelumas mesin''' atau yang lebih dikenal '''oli mesin''' memang banyak ragam dan macamnya. Bergantung ...
 
SU34Marlina (obrolan | kontribusi)
Tidak ada ringkasan suntingan
Baris ka-1:
[[BerkasGambar:Motor oil refill with funnel.JPG|thumb|right|300px|]]
'''Oli mesin''' nya éta minyak pelumas mesin. Oli loba rupana gumantung kana jenis penggunaan mesin ngabutuhkeun oli nu kumaha sangkan cocog jeung ngawétkan mesin.
 
'''Minyak pelumas mesin''' atau yang lebih dikenal '''oli mesin''' memang banyak ragam dan macamnya. Bergantung jenis penggunaan mesin itu sendiri yang membutuhkan oli yang tepat untuk menambah atau mengawetkan usia pakai (''life time'') mesin.
 
== Fungsi ==
 
Semua jenis oli pada dasarnya sama. Yakni sebagai bahan pelumas agar mesin berjalan mulus dan bebas gangguan. Sekaligus berfungsi sebagai pendingin dan penyekat. Oli mengandung lapisan-lapisan halus, berfungsi mencegah terjadinya benturan antar logam dengan logam komponen mesin seminimal mungkin, mencegah goresan atau keausan. Untuk beberapa keperluan tertentu, aplikasi khusus pada fungsi tertentu, oli dituntut memiliki sejumlah fungsi-fungsi tambahan. [[Mesin diesel]] misalnya, secara normal beroperasi pada kecepatan rendah tetapi memiliki temperatur yang lebih tinggi dibandingkan dengan [[Mesin bensin]]. Mesin diesel juga memiliki kondisi kondusif yang lebih besar yang dapat menimbulkan [[oksidasi]] oli, penumpukan deposit dan [[perkaratan]] [[logam]]-logam bearing.
 
Oli mesin mempunyai fungsi dasar sebagai pelumas untuk memperkecil gesekan atau keausan dari sejumlah komponen di dalam mesin yang bekerja dan bergerak saat mesin kendaraan hidup. Pelumas yang bekerja secara efektif sesuai fungsinya akan memperpanjang usia mesin sehingga lebih awet masa pakainya.
Oli mesin juga tidak hanya berfungsi sebagai pelumas saja, melainkan juga sebagai pendingin dan pembersih mesin. Pelumas yang baik harus bisa membuat kinerja mesin lebih ringan dan bertugas sebagai pelindung komponen metal dari friksi akibat gesekan terus-menerus dalam waktu lama.
Baris 14 ⟶ 8:
2.Oli Sintetis (Synthetic Oil): Oli Sintetis biasanya terdiri atas Polyalphaolifins yang datang dari bagian terbersih dari pemilahan dari oli mineral, yakni gas. Senyawa ini kemudian dicampur dengan oli mineral. Inilah mengapa oli sintetis bisa dicampur dengan oli mineral dan sebaliknya. Basis yang paling stabil adalah. Pada dasarnya, oli sintetis didesain untuk menghasilkan kinerja yang lebih efektif dibandingkan dengan oli mineral. [http://oldsite.situsotomotif.com/tips-perawatan-plus/perawatan-mobil/grade-sae-bukan-ukuran-kualitas-oli-mesin/ Grade SAE Bukan Ukuran Kualitas Oli Mesin]
 
== FungsiPungsi ==
Semua jenis oli pada dasarnya sama. Yakni sebagai bahan pelumas agar mesin berjalan mulus dan bebas gangguan. Sekaligus berfungsi sebagai pendingin dan penyekat. Oli mengandung lapisan-lapisan halus, berfungsi mencegah terjadinya benturan antar logam dengan logam komponen mesin seminimal mungkin, mencegah goresan atau keausan. Untuk beberapa keperluan tertentu, aplikasi khusus pada fungsi tertentu, oli dituntut memiliki sejumlah fungsi-fungsi tambahan. [[Mesin diesel]] misalnya, secara normal beroperasi pada kecepatan rendah tetapi memiliki temperatur yang lebih tinggi dibandingkan dengan [[Mesin bensin]]. Mesin diesel juga memiliki kondisi kondusif yang lebih besar yang dapat menimbulkan [[oksidasi]] oli, penumpukan deposit dan [[perkaratan]] [[logam]]-logam bearing.[http://batriders.frbb.net/t189-fungsi-oli Fungsi Oli]
 
==catetan==