Kabupatén Tulungagung: Béda antarrépisi

Konten dihapus Konten ditambahkan
Ilhambot (obrolan | kontribusi)
m →‎Sajarah: Ngarapihkeun éjahan, replaced: Kerajaan → karajaan (2)
m →‎Wisata Kuliner: Ngarapihkeun éjahan, replaced: sejen → séjén using AWB
Baris ka-386:
* [[Glondhong Juruh]],asli Sambitan, terbuat dari kukusan ketela pohon disiram juruh kental atau dibuat dengan memasukkan singkong kedalam ke ''jadi/''wajan besar tempat orang memasak gula jawa/gula tebu sehingga menjadi manis, kadang-kadang disebut juga Cimplung yang mungkin karena dibuat dengan ''nyemplung/me''masukan singkong ke wadah pengolahan gula.
* [[Sego Bantingan]], nasi bungkus yang dijual secara murah meriah, pelengkapnya sederhana (lauk standar dan sambal/''keringan'') dan apabila ingin menambahkan sayur atau lauk ada disiapkan secara terpisah.
* [[Gembrot]], kuliner khas yang terbuat dari beberapa jenis dedaunan yang dicampur dengan parutan kelapa yang telah dibumbui sedemikian rupa kemudian dibungkus dengan daun kelapa dan dikukus, kadang-kadang didalamnya juga ditambahkan sejenisséjénis ikan sungai atau udang.
* Gathot, makanan yang terbuat dari singkong yang direndam air garam kemudian dijemur hingga kering menjadi Gaplek, gaplek yang dicacah/diiris tipis apabila ditanak menjadi Gathot dan disajikan dengan parutan kelapa muda, sementara itu Gaplek yang ditumbuk menjadi Tiwul dan ditanak sebagai pengganti nasi
* Klethek, klethek merupakan makanan yang terbuat dari singkong yang dalam pengolahannya dicampur dengan bumbu-bumbu lainnya, seperti terasi dan kedelai. Klethek mirip dengan keripik singkong hanya saja dalam pemasakannya klethek digoreng sedikit lebih lama.