Présidén Républik Indonésia: Béda antarrépisi

Konten dihapus Konten ditambahkan
YiFeiBot (obrolan | kontribusi)
m Bot: Migrasi 1 pranala interwiki, karena telah disediakan oleh Wikidata pada item d:q11755916
Ilhambot (obrolan | kontribusi)
m Ngarapihkeun éjahan, replaced: rubah → robah, ea → éa, Presiden → présidén (47), Samemeh → saméméh
Baris ka-1:
 
{{Tata Nagara Republik Indonesia}}
 
'''Présiden Républik Indonésia''' nyaéta kapala nagara sakaligus kapala pamaréntahan [[Républik Indonésia]].
{{tarjamahkeun|Indonesia}}
Dumasar [[Parobahan Katilu UUD 1945]] Pasal 6A, Presidenprésidén jeung Wakil Presidenprésidén dipilih minangka hiji pasangan sacara langsung ku rahayat. Samemehnasaméméhna, Presidenprésidén (jeung Wakil Presidenprésidén) dipilih ku [[Majelis Permusyawaratan Rakyat]]. Ku ayana PerubahanPerobahan (Amandemen) UUD 1945, Presidenprésidén tidak lagi bertanggung jawab kepada MPR, dan kedudukan antara Presidenprésidén dan MPR adalah setara.
 
Presidenprésidén (dan Wakil Presidenprésidén) menjabat selama 5 tahun, dan sesudahnya dapat dipilih kembali dalam jabatan yang sama untuk satu kali masa jabatan.
 
==Wewenang, Kewajiban, dan Hak==
Wewenang, Kewajiban, dan Hak Presidenprésidén antara lain:
* Memegang kekuasaan pemerintahan menurut UUD
* Memegang kekuasaan yang tertinggi atas [[Angkatan Darat Republik Indonesia|Angkatan Darat]], [[Angkatan Laut Republik Indonesia|Angkatan Laut]], dan [[Angkatan Udara Republik Indonesia|Angkatan Udara]]
* Mengajukan [[Undang-Undang|Rancangan Undang-Undang]] kepada [[Dewan Perwakilan Rakyat|DPR]]. Presidenprésidén melakukan pembahasan dan pemberian persetujuan atas RUU bersama DPR serta mengesahkan RUU menjadi UU.
* Menetapkan [[Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang]] (dalam kegentingan yang memaksa)
* Menetapkan [[Peraturan Pemerintah]]
Baris 18 ⟶ 17:
* Menyatakan perang, membuat perdamaian dan perjanjian dengan negara lain dengan persetujuan DPR
* Membuat perjanjian internasional lainnya dengan persetujuan DPR
* Menyatakan keadaankéadaan bahaya
* Mengangkat duta dan konsul. Dalam mengangkat duta, Presidenprésidén memperhatikan pertimbangan DPR
* Menerima penempatan duta negara lain dengan memperhatikan pertimbangan DPR.
* Memberi grasi, rehabilitasi dengan memperhatikan pertimbangan Mahkamah Agung
Baris 26 ⟶ 25:
* Meresmikan anggota [[Badan Pemeriksa Keuangan]] yang dipilih oleh DPR dengan memperhatikan pertimbangan DPD
* Menetapkan hakim agung dari calon yang diusulkan oleh [[Komisi Yudisial]] dan disetujui DPR
* Menetapkan hakim konstitusi dari calon yang diusulkan Presidenprésidén, DPR, dan Mahkamah Agung
* Mengangkat dan memberhentikan anggota Komisi Yudisial dengan persetujuan DPR
 
Sebagai kepala negara, Presidenprésidén adalah simbol resmi negara Indonesia di dunia. Sebagai kepala pemerintahan, Presidenprésidén dibantu oleh menteri-menteri dalam kabinet, memegang kekuasaan eksekutif untuk melaksanakan tugas-tugas pemerintahan sehari-hari.
{{Gariswanci Presiden Indonesia}}
==Pemilihan Presiden==
Presidenprésidén dan Wakil Presidenprésidén dipilih dalam satu pasangan langsung oleh rakyat melalui Pemilihan Umum Presidenprésidén dan Wakil Presidenprésidén (Pilpres). Calon Presidenprésidén dan Wakil Presidenprésidén diusulkan oleh partai politik atau gabungan partai politik peserta pemilu sebelumnya. Pilpres pertama kali di Indonesia diselenggarakan pada tahun [[2004]].
 
Jika dalam Pilpres didapat suara >50% jumlah suara dalam pemilu dengan sedikitnya 20% di setiap provinsi yang tersebar di lebih dari separuh jumlah provinsi Indonesia, maka dinyatakan sebagai Presidenprésidén dan Wakil Presidenprésidén terpilih. Jika tidak ada pasangan calon Presidenprésidén dan Wakil Presidenprésidén terpilih, maka pasangan yang memperoleh suara terbanyak pertama dan kedua dalam Pilpres mengikuti Pilpres Putaran Kedua. Pasangan yang memperoleh suara terbanyak dalam Pilpres Putaran Kedua dinyatakan sebagai Presidenprésidén dan Wakil Presidenprésidén Terpilih.
 
==Pengusulan Pemberhentian Presiden/Wakil Presiden==
Usul pemberhentian Presidenprésidén/Wakil Presidenprésidén dapat diajukan oleh [[DPR]].
 
Apabila DPR berpendapat bahwa Presidenprésidén/Wakil Presidenprésidén telah melakukan pelanggaran hukum atau tidak lagi memenuhi syarat sebagai Presidenprésidén/Wakil Presidenprésidén (dalam rangka pelaksanaan fungsi pengawasan DPR), DPR dapat mengajukan permintaan kepada [[Mahkamah Konstitusi]], jika mendapat dukungan sekurang-kurangnya 2/3 dari jumlah anggota yang hadir dalam sidang paripurna yang dihadiri sekurang-kurangnya 2/3 dari jumlah anggota.
 
Mahkamah Konstitusi wajib memeriksa, mengadili, dan memutus paling lama 90 hari setelah permintaan diterima. Jika terbukti, maka DPR menyelenggarakan sidang paripurna untuk meneruskan usul pemberhentian kepada MPR.
 
MPR wajib menyelenggarakan sidang untuk memutuskan usul DPR paling lambat 30 hari sejak usul diterima. Keputusan diambil dalam sidang paripurna, dihadiri sekurang-kurangnya 3/4 jumlah anggota, disetujui sekurang-kurangnya 2/3 jumlah yang hadir, setelah Presidenprésidén/Wakil Presidenprésidén diberi kesempatan menyampaikan penjelasan. Apabila usul presidenprésidén diterima, Presidenprésidén/Wakil Presidenprésidén kemudian diberhentikan.
 
==Pemilihan Wakil Presiden Yang Lowong==
Dalam hal terjadi kekosongan Wakil Presidenprésidén, Presidenprésidén mengajukan 2 calon Wapres kepada MPR. Selambat-lambatnya, dalam waktu 60 hari MPR menyelenggarakan Sidang MPR untuk memilih Wapres.
 
==Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden Yang Lowong==
Dalam hal Presidenprésidén dan Wakil Presidenprésidén keduanya berhalangan tetap secara bersamaan, maka partai politik (atau gabungan partai politik) yang pasangan Calon Presidenprésidén/Wakil Presidennyaprésidénnya meraih suara terbanyak pertama dan kedua dalam Pilpres sebelumnya, mengusulkan pasangan calon Presidenprésidén/Wakil Presidenprésidén kepada MPR.
 
Selambat-lambatnya dalam waktu 30 hari, MPR menyelenggarakan Sidang MPR untuk memilih Presidenprésidén dan Wakil Presidenprésidén.
 
==Tempo ogé==