Kabupatén Tulungagung: Béda antarrépisi

Konten dihapus Konten ditambahkan
m →‎Wisata Kuliner: Ngarapihkeun éjahan, replaced: sejen → séjén using AWB
m Ngarapihkeun éjahan, replaced: Era → éra , serta → sarta (6), Indonesia → Indonésia (4), beda → béda (5) using AWB
Baris ka-47:
Dina taun 1205 M, masarakat Thani Lawadan pernahna kiduleun Tulungagung, meunang pangajén ti Raja Daha anu panungtung, Kertajaya, ku alatan kasatiaan maranéhna ngawula ka Raja Kertajaya dina mangsa nyanghareupan pangjorag/serangan musuh anu datang ti wetaneun Daha. Ieu pangajén ditulis dina hiji Prasasti anu disebut Prasasti Lawadan kalawan candra sangkala "Sukra Suklapaksa Mangga Siramasa" anu nunjul kana tanggal 18 Nopémber 1205 M. Tanggal dijieuna ieu prasasti téh antukna dijadikeun poé ngajadina Kabupatén Tulungagung ti saprak taun 2003.
[[File:COLLECTIE TROPENMUSEUM De regent van Toeloengagoeng met gevolg geportretteerd voor een audiëntievertrek TMnr 60042751.jpg|thumb|300px|[[Bupati]] Tulungagung saparakanca (1880-1920)]]
Di Désa Boyolangu, Kacamatan Boyolangu, aya hiji candi anu katelah [[Candi Gayatri]]. Tayalian Candi anu dijieun pikeun [[Gayatri]] (Sri Rajapatni), garwa Raja Majapahit anu kaopat, [[Raden Wijaya]] (Kertarajasa Jayawardhana), tayalian indungna ti Ratu Majapahit katilu, [[Sri Gitarja]] (Tribhuwanatunggadewi), ogé ninina ti[[Hayam Wuruk]] (Rajasanegara), raja anu ngaheuyeuk [[Karajaan Majapahit]] dina mangsa keur meujeuhna nanjeur. Ngaran Boyolangu agé aya dina kitab [[Nagarakertagama]] anu nyebutkeun ngaran '''Bayalangu'''/Bhayalango (bhaya = bahaya, alang = panghalang) mangrupa tempat pikeun meresihan manéhna. Dihandap ieu mangrupa kutipan tina Kitab Negarakertagama anu ditulis ku [[Mpu Prapanca]] tur geus ditarjamahkeun kana Bahasa IndonesiaIndonésia:
 
''Prajnyaparamitapuri itulah nama candi makam yang dibangun''<br />
Baris ka-325:
== Industri ==
 
Tulungagung terkenal sebagai salah satu penghasil [[marmer]] terbesar di IndonesiaIndonésia, yang bersumber di bagian selatan Tulungagung. Tulungagung juga termasuk salah satu pusat industri marmer di IndonesiaIndonésia, dan terpusat di selatan Tulungagung, terutama di Kecamatan Campurdarat, yang di dalamnya banyak terdapat perajin marmer,sayangnya saat ini marmer kualitas terbaik sudah habis. Aset marmer dari Tulungagung telah menembus pasar internasional. Di daerah yang sama, juga terdapat industri onyx yang mempunyai kualitas mirip marmer.
 
Selain industri marmer, di Tulungagung juga tumbuh dan berkembang berbagai industri kecil dan menengah antara lain memproduksi alat-alat/perkakas rumah tangga, batik, dan konfeksi termasuk bordir. Beberapa batik yang terkenal di Tulungagung di antaranya Batik Tulungagung (sangat minim), Batik Satriomanah, dan sebagainya. Di Kecamatan Ngunut terdapat industri peralatan Tentara seperti tas ransel, sabuk, seragam,tenda dan makanan ringan seperti kacang atom. Di Kecamatan Ngunut juga terdapat industri batu bata dan genteng yang berkualitas. Di kelurahan sembung juga di kenal sebagai pusat industri krupuk rambak. Sedangkan di bagian pegunungan utara, yakni Kecamatan Sendang terdapat perusahaan air susu sapi perah dan teh. Industri perikanan, dan gula merah juga Tulungagung juga tidak kalah, ini telah dikenal secara nasional. salah satunya Pabrik Gula Modjopanggung di Kecamatan Kauman.
Baris ka-339:
 
== Wisata Air Terjun ==
Selain objek wisata pantai, Tulungagung juga memiliki objek wisata alam lain, di antaranya Air Terjun Lawéan di Kecamatan Sendang, Coban Alam di Kecamatan Campurdarat, Gua Selomangleng di Kecamatan Boyolangu, sertasarta Gua Pasir di Kecamatan Sumbergempol. Di utara Tulungagung, objek wisata alam yang terkenal adalah Pesanggarahan Argo Wilis, Perkebunan téh Penampéan, sertasarta [[Bendungan Wonorejo]].
 
== Wisata Candi ==
Baris ka-359:
* Réog Ponorogo Cahaya Budaya
 
Kesenian jaranan dan réog kendang sertasarta wayang kulit bahkan mendapat dukungan yang luas dari mayoritas masyarakat Tulungagung untuk maju dan berkembang.dan disukai masyarakat sekitar bahkan sering ditanggap
 
=== Wisata Kuliner ===
Tulungagung memiliki jajanan khas, yaitu:
* [[Sate dan Gule Kambing]], Sate Tulungagung mirip dengan sate lainnya dan tampak sederhana, terdiri dari daging kambing yang ditusuk dalam sujen (tusuk sate) bambu, disajikan dengan bumbu kecap yang diberi merica dan petis, sertasarta ditaburi dengan irisan bawang merah, di beberapa warung ditambah irisan daun jeruk, berbedaberbéda dengan tampilan Sate di kabupaten Trenggalek (Sate Bendo) yang dalam penyajiannya ditaburi kecambah sama seperti daerah Nganjuk, tidak seperti sate Madura dan sate Ponorogo dan Kediri, yang bumbu-nya mengandung kacang, Sehingga rasanya memang khas Tulungagung-an, pada dasarnya perbedaanperbédaan rasa ini dikarenakan proses bakarnya dicelupkan dalam kuah gule dan pemakaian kecap manis tradisional merk kuda khas tulungagung-an.
* [[Nasi Lodho Tulungagung]], sebenarnya kuliner ini mirip dengan kare ayam, hanya saja ayamnya dipanggang/diasap terlebih dulu dan disajikan bersama nasi/tiwul (tiwul adalah nasi yang terbuat dari gaplek/singkong) dengan pelengkap ''gudhangan (kudapan) ''sayur-sayuran, namun dalam perkembangannya lebih banyak yang disajikan (warung kaki lima) serupa dengan kare ayam. Lodho Tulungagung dibedakandibédakan dalam 2 genre,yaitu Lodho kuah kental dan encer, kekentalannya berasal dari konsentrasi santan, biasanya rasanya pedas,ayamnya ayam kampung.
* [[Sredek]], Makanan yang terbuat dari gethuk singkong, kemudian digoreng. Biasa dimakan dengan tempe goreng dan cabe mentah (sebagai lalap), adalah makanan khas Tulungagung selatan.
* [[Kemplang]], makanan yang terbuat dari ketela yang diparut dikasih bumbu-bumbu dibentuk pipih diatasnya dikasih kacang lotho lalu di goreng itu juga makanan khas tulungagung
Baris ka-370:
* [[Kerupuk Gadung]], kuliner yang untuk saat ini pembuatannya hanya dikuasai oleh sedikit orang (umumnya orang tua) karena pengolahannya harus diperam dulu menggunakan abu untuk menghilangkan kandungan getah gadung agar tidak menyebabkan efek mabuk/pusing ketika dimakan.
* [[Soto Ayam Kampung Tulungagung]] warung soto dengan aroma rempah yang kuat dan kemiri sebagai penguat rasa banyak ditemui disekitaran Kecamatan Kauman dan Kecamatan Gondang
* [[Nasi pecel Tulungagung]], nasi pecel dengan karakter sambal pecel seperti di daerah Kabupaten Blitar, yang membedakanmembédakan dengan pecel dari daerah lain seperti Madiun/Ponorogo adalah karakter sambal kacang yang pedas manis (karena penambahan gula jawa/gula aren) sertasarta aroma daun jeruk yang kuat.
* [[Sompil]], Lontong diiris kemudian disiram dengan sayur lodeh (umumnya lodeh kacang) dan diatasnya ditambahi dengan bubuk kedelai yang gurih-manis.
* [[Lopis]], makanan seperti lontong biasanya dicampur cenil, kicak atau gethuk dikasih larutan gula merah
Baris ka-378:
* [[Srondeng]], parutan kelapa yang digoreng dengan dibumbui sedemikian rupa sampai berwarna merah kecoklatan, kadang-kadang buat campuran dendeng sapi
* [[Jenang sabun|Jenang Syabun]], jenang yang diolah dari beras ketan menjadi serupa dodol dengan penggabungan karakter rasa manis dari dua macam gula, gula jawa dan gula pasir,jenang ini mempunyai tektur lembut namun kenyal dan tidak lengket,originalnya jenang initidakmenggunakan pengawet,sehingga jarang dipajang ditoko,jika berminat disarankan datang ke pabriknya di desa Botoran.
* [[Jenang Grendol]], makanan terbuat dari tepung kanji, biasanya disajikan bersama dengan Jenang Baning yang terbuat dari tepung beras sertasarta Jenang Ketan dari bubur ketan hitam. Secara terpisah Jenang Grendol disajikan dengan kuah santan karena karakter jenang itu sendiri yang sudah manis namun apabila dicampur akan diberikan kuah gula jawa/gula aren yang umum disebut Juruh.
* [[Geti]], adalah nuget terbuat dari wijen kadang-kadang dicampur kacang yang dimasak dengan gula sehingga memunculkan sensasi rasa yang manis-gurih.
* [[Kopi Cethe]], ampas kopi yang dijadikan bahan pengoles rokok agar memiliki aroma yang lebih sedap.
* [[Punten Pecel]], Punten serupa dengan Jadah cuma bedanyabédanya kalau Jadah terbuat dari bahan ketan sementara Punten dari bahan beras yang ditanak dengan santan gurih dan kemudian ''dijelu atau ''ditumbuk pelan dan umumnya ditambah parutan kelapa muda sehingga tercipta adonan kenyal dan gurih yang biasanya disajikan dengan pecel.
* [[Brondong Ketan]], di Tulungagung umumnya disebut Bipang, dengan mengolah berondong dari beras ketan yang diolah dengan gula.
* [[Capar Tape]], atau disebut tape pecel yang terbuat dari tape singkong (umumnya putih) dan disiram sayur pecel bahkan biasanya juga ditambahkan mentimun rebus.
Baris ka-404:
* [[Pangeran Adipati Soejono]], politikus Belanda
* [[KI Dalang Moerdi Kondo Moerdiyat]], Sesepuh Tulungagung Yang Paling dihormati tahun 90-an
* [[Yongki Ariwibowo]], Pesepak bola timnas IndonesiaIndonésia AFF cup 2010
* [[Suparno (akademisi)|Prof.Dr.H.Suparno]], Rektor Universitas Negeri Malang 2007-2014
* [[:en:Ardian Syaf|Ardian Syaf]], Komikus DC Comics (2012-sekarang), Marvel Comics (2009), dan Dynamite (2007)
Baris ka-413:
* Rumah Sakit POLRI: 1
* Rumah Sakit swasta:
** RSU Eraéra Medika
** RSU Madinah
** RSU Satiti