Amérika Kidul: Béda antarrépisi

Konten dihapus Konten ditambahkan
m Ngarapihkeun éjahan, replaced: rea → réa using AWB
m Ngarapihkeun éjahan, replaced: pertama kali → mimiti, beda → béda (2) using AWB
Baris ka-12:
Bagian barat benua Amerika Selatan terdiri dari barisan pegunungan [[Andes]] dari utara hingga ke selatan, sedangkan bagian timur benua merupakan dataran rendah sebagian besar merupakan basin sungai [[Sungai Amazon|Amazon]], dengan hutan tropis yang lebat.
 
Diduga Amerika Selatan didiami pertama kalimimiti oleh manusia yang bermigrasi dari Asia melalui Tanah Genting Bering (sekarang merupakan [[Selat Bering]]) menuju Amerika Utara dan ke selatan menuju Amerika Selatan. Dugaan lain tentang hal migrasi tersebut ke Amerika Selatan adalah dari bagian selatan Samudera Pasifik melalui kepulauan di [[Oceania]].
 
Luas aréa Amerika Selatan berada pada peringkat keempat setelah [[Asia]], [[Afrika]] dan [[Amerika Utara]] sedangkan populasinya terdapat pada peringkat kelima setelah Asia, Afrika, [[Eropa]] dan Amerika Utara.
Baris ka-21:
[[South American Community of Nations]] adalah sebuah [[zona dagang bebas]] yang direncanakan di benua ini untuk menyatukan dua organisasi [[perdagangan bebas]] yang telah ada; [[Mercosur]] dan [[Andean Community]].
 
Di Amerika Selatan, perbedaanperbédaan antara yang kaya dan miskin sangat besar. Di Venezuela, Paraguay, Brasil, dan banyak negara Amerika Selatan lainnya, orang-orang 20 persen yang terkaya dapat memiliki lebih dari 60% kekayaan negara, sedangkan 20 persen termiskin hanya memiliki kurang dari 5%. PerbedaanPerbédaan ini dapat dilihat di banyak kota-kota besar Amerika Selatan yang memiliki rumah kumuh dan gubuk dekat dengan pencakar langit dan apartemen mewah kelas-atas.
 
== Pembagian wilayah secara politik ==