Kabupatén Tulungagung: Béda antarrépisi

Konten dihapus Konten ditambahkan
m Ngarapihkeun éjahan, replaced: Era → éra , serta → sarta (6), Indonesia → Indonésia (4), beda → béda (5) using AWB
Ilhambot (obrolan | kontribusi)
m Ngarapihkeun éjahan, replaced: Kecamatan → kacamatan (23), kabupaten → kabupatén (4), sakitar → kira-kira, dijadikan → dijadikeun (4), proses → prosés (2), tahun → taun (4), kelurahan → kalurahan (2), desa → désa (2), dauna → daun...
Baris ka-41:
Ceuk sakaol deui mah, ngaran Tulungagung téh asalna tina dua kecap, nyaéta tulung jeung agung, tulung hartinya cinyusu nu gedé, sedengkeun agung hartina gedé. Tina éta kecap, Tulungagung hartina mangrupa wewengkon nu boga cinyusu nu gedé. Saméméh diwangunna Bendungan Niyama di Tulungagung Kidul nalika jaman soldadu Jepang, di mamana di wewengkon Tulungagung ukur aya cinyusu wungkul. Jaman harita mah, ku sabab loba cinyusu, unggal wewengkon loba nu kakeueum ku cai, boh usum katiga, komo deui usum hujan.
 
Kawasna mah, étimologi ngaran ieu kabupatén nu pangkuatna mah nyaéta vérsi kadua,{{fact}} ieu ngaran dimimitian nalika puseur dayeuh Tulungagung mulai pindah ka tempat nu kiwari. Saméméhna mah puseur dayeuh Tulungagung téh ayana di wewengkon Kalangbret tur dingaranan Kadipatén Ngrowo (Ngrowo ogé hartina mah cinyusu). Pindahna sakitarkira-kira taun 1901 Maséhi.
{{tarjamahkeun|Indonesia}}
== Sajarah ==
Baris ka-75:
Jadi lengkapnya Tulungagung mempunyai arti "Sumber air besar" atau "Pertolongan besar".
 
Menurut Mbah Wo, Juru Kunci Eyang Agung Tjokrokoesoemo, Wajak Kidul. Meskipun sumber air dan pertolongan itu berlainan artinya, namun di dalam sejarah Tulungagung keduanya tak dapat dipisahkan, karena mempunyai hubungan erat sekali dalam soal asal mula terbentuknya daerah maupun perkembangannya. Dahulu orang menyebutnya KabupatenKabupatén Ngrowo, ialah sesuai dengan kéadaan daerahnya yang kesemuanya tidak jauh letaknya dari sungai. Misalnya : Gledug, Patjet, Waung, Tawing dll; Sebelum dijadikandijadikeun KabupatenKabupatén daerah-daerah itu dikuasai oleh para Tumenggung. Dibawah perlindungan karajaan Mataram.
 
Mbah Wo menjelaskan dahulu daerah Ngrowo itu tidak seluas sekarang. Semenjak Katemenggungan diubah kedudukannya menjadi kabupatenkabupatén, maka diperlukan adanya perluasan daerah. Tidak cukup hanya terdiri rawa-rawa saja, tetapi membutuhkan pula daratan untuk kemakmuran masyarakatnya.
 
Bantuan-bantuan dari kabupatenkabupatén sekitarnya sangat dibutuhkan. Ini terjadi pada sekitar abad ke-19. KabupatenKabupatén Blitar menyumbang daerah Ngunut. KabupatenKabupatén Ponorogo menyumbang daerah pegunungan Trenggalek. Sedangkan KabupatenKabupatén Pacitan menyumbang daerah pantai selatan yaitu Ngrajun, Panggul dan Jombok. Dengan demikian KabupatenKabupatén Ngrowo dahulu daerahnya hingga KabupatenKabupatén Trenggalek. Bantuan berupa daerah tersebut merupakan 'pertolongan yang besar bagi pembentukan KabupatenKabupatén Ngrowo.
 
Sebelum dijadikannyadijadikeunnya kabupatenkabupatén daerah-daerah tersebut dikuasai oleh para Tumenggung di bawah perlindungan karajaan Mataram.
 
Bupati pertama hingga ke XI masih disebut Bupati Ngrowo. Baru pada tahuntaun 1901 nama Ngrowo itu diganti dengan Tulungagung. Ketika itu yang menjadi bupatinya R. T. Partowidjojo. Beliau yang menyelesaikan perobahan nama tadi karena menjabat Bupati sejak tahuntaun 1896 hingga tahuntaun 1901. Demikianlah asal mula nama Tulungagung yang dahulu sering disebut Kota Banjir. Tulungagung mengandung makna "Berasal dari Sumber air yang besar” tetapi dengan usaha dan bantuan yang besar pula dapat memberi pertolongan yang besar.
 
Nama-nama Bupati / Kepala Daerah yang memimpin Tulungagung sejak berdirinya Pemerintahan di Tulungagung
Baris ka-118:
 
== Geografi ==
Batas-batas wilayah KabupatenKabupatén Tulungagung secara administratif adalah sebagai berikut:
* Sebelah utara: [[Kabupaten Kediri]]
* Sebelah Selatan: [[Samudera Hindia]]
Baris ka-124:
* Sebelah Barat: [[Kabupaten Trenggalek]]
 
Secara topografi, Tulungagung terletak pada ketinggian 85 m di atas permukaan laut (dpl). Bagian barat laut KabupatenKabupatén Tulungagung merupakan daerah pegunungan yang merupakan bagian dari pegunungan Wilis-Liman. Bagian tengah adalah dataran rendah, sedangkan bagian selatan adalah pegunungan yang merupakan rangkaian dari [[Pegunungan Kidul]]. Di sebelah barat laut Tulungagung, tepatnya di Kecamatankacamatan Sendang, terdapat [[Gunung Wilis]] sebagai titik tertinggi di KabupatenKabupatén Tulungagung yang memiliki ketinggian 2552 m. Di tengah Kota Tulungagung, terdapat Kali Ngrowo yang merupakan anak [[Kali Brantas]] dan séolah membagi Kota Tulungagung menjadi dua bagian: utara dan selatan. Kali ini sering disebut dengan Kali Parit Raya dari rangkaian Kali Parit Agung.
 
== Pemerintahan ==
KabupatenKabupatén Tulungagung beribukota di Kecamatankacamatan Tulungagung, yang terletak tepat di tengah KabupatenKabupatén Tulungagung. KabupatenKabupatén Tulungagung terbagi dalam 19 kecamatankacamatan, 257 desadésa, dan 14 kelurahankalurahan.
 
=== Kepala Daerah ===
Baris ka-133:
 
=== Perwakilan ===
[[DPRD]] KabupatenKabupatén Tulungagung hasil [[Pemilihan umum legislatif Indonesia 2014|Pemilu 2014]] tersusun dari 11 [[partai politik]], dengan perincian sebagai berikut:
{| class="wikitable"
|-
! Partaipartéy
! Kursi
|-
Baris ka-174:
 
== Penduduk ==
Pada akhir 2006 jumlah penduduk di KabupatenKabupatén Tulungagung tercatat sebanyak 1.002.807 jiwa yang terbagi atas laki-laki
498.533 (49,71%) jiwa dan perempuan 504.274 (50,29%). Kepadatan penduduk terkonsentrasi pada 3 kecamatankacamatan yaitu [[Tulungagung, Tulungagung|Kecamatan Tulungagung]], [[Kedungwaru, Tulungagung|Kecamatan Kedungwaru]], dan [[Boyolangu, Tulungagung|Kecamatan Boyolangu]].
 
== Pendidikan ==
Baris ka-325:
== Industri ==
 
Tulungagung terkenal sebagai salah satu penghasil [[marmer]] terbesar di Indonésia, yang bersumber di bagian selatan Tulungagung. Tulungagung juga termasuk salah satu pusat industri marmer di Indonésia, dan terpusat di selatan Tulungagung, terutama di Kecamatankacamatan Campurdarat, yang di dalamnya banyak terdapat perajin marmer,sayangnya saat ini marmer kualitas terbaik sudah habis. Aset marmer dari Tulungagung telah menembus pasar internasional. Di daerah yang sama, juga terdapat industri onyx yang mempunyai kualitas mirip marmer.
 
Selain industri marmer, di Tulungagung juga tumbuh dan berkembang berbagai industri kecil dan menengah antara lain memproduksi alat-alat/perkakas rumah tangga, batik, dan konfeksi termasuk bordir. Beberapa batik yang terkenal di Tulungagung di antaranya Batik Tulungagung (sangat minim), Batik Satriomanah, dan sebagainya. Di Kecamatankacamatan Ngunut terdapat industri peralatan Tentara seperti tas ransel, sabuk, seragam,tenda dan makanan ringan seperti kacang atom. Di Kecamatankacamatan Ngunut juga terdapat industri batu bata dan genteng yang berkualitas. Di kelurahankalurahan sembung juga di kenal sebagai pusat industri krupuk rambak. Sedangkan di bagian pegunungan utara, yakni Kecamatankacamatan Sendang terdapat perusahaan air susu sapi perah dan teh. Industri perikanan, dan gula merah juga Tulungagung juga tidak kalah, ini telah dikenal secara nasional. salah satunya Pabrik Gula Modjopanggung di Kecamatankacamatan Kauman.
 
== Pariwisata ==
Baris ka-333:
 
=== Wisata Alam ===
Sebenarnya, Tulungagung memiliki banyak potensi pariwisata yang bisa diandalkan sebagai salah satu sumber pendapatan daerah. Sayangnya, masih banyak potensi pariwisata yang belum digarap secara baik oleh Pemerintah KabupatenKabupatén Tulungagung. Meski demikian, industri pariwisata di Tulungagung cukup berkembang dengan objek wisata andalan [[Pantai Popoh]] yang terletak di [[Besuki, Tulungagung|Kecamatan Besuki]].
 
== Wisata pantai ==
Baris ka-339:
 
== Wisata Air Terjun ==
Selain objek wisata pantai, Tulungagung juga memiliki objek wisata alam lain, di antaranya Air Terjun Lawéan di Kecamatankacamatan Sendang, Coban Alam di Kecamatankacamatan Campurdarat, Gua Selomangleng di Kecamatankacamatan Boyolangu, sarta Gua Pasir di Kecamatankacamatan Sumbergempol. Di utara Tulungagung, objek wisata alam yang terkenal adalah Pesanggarahan Argo Wilis, Perkebunan téh Penampéan, sarta [[Bendungan Wonorejo]].
 
== Wisata Candi ==
Selain itu Tulungagung juga mempunyai Beberapa wangunan Candi yang tersebar di beberapa tempat, yaitu Candi Dadi yang terletak di Puncak bukit di DesaDésa Sanggrahan kecamatankacamatan Boyolangu, Candi Cungkup (Candi Sanggrahan) yang terletak di DesaDésa Sanggrahan Kecamatankacamatan Boyolangu, Candi Gayatri (Boyolangu) yang terletak di kecamatankacamatan Boyolangu, candi Mirigambar terletak di Kecamatankacamatan sumbergempol, Candi Bodho terletak di Kecamatankacamatan Kalidawir, Candi Penampihan berada di Lereng Gunung wilis kecamatankacamatan Sendang. Di selatan Tulungagung tepatnya di Kecamatankacamatan Campurdarat sebuah Telaga yang bernama Telaga Buret, telaga ini tak pernah kering walaupun letaknya di Perbukitan kapur selatan yang terkenal kering dan panas saat musim kemarau datang. Arca Joko Budhek, adalah sebentuk batu yang ukurannya besar yang bentuknya seperti séorang pria yang bertapa,arca ini berada di puncakbukit, dan bisa dilihat dari jalan raya karena ukurannya yang besar.
 
=== Wisata Budaya ===
Tulungagung memiliki beberapa kesenian khas yang bisa dijadikandijadikeun magnet untuk mengangkat pariwisata Tulungagung, di antaranya:
 
* [[Wayang Kulit Purwo/Ringgit Purwo]]
Baris ka-363:
=== Wisata Kuliner ===
Tulungagung memiliki jajanan khas, yaitu:
* [[Sate dan Gule Kambing]], Sate Tulungagung mirip dengan sate lainnya dan tampak sederhana, terdiri dari daging kambing yang ditusuk dalam sujen (tusuk sate) bambu, disajikan dengan bumbu kecap yang diberi merica dan petis, sarta ditaburi dengan irisan bawang merah, di beberapa warung ditambah irisan daun jeruk, berbéda dengan tampilan Sate di kabupatenkabupatén Trenggalek (Sate Bendo) yang dalam penyajiannya ditaburi kecambah sama seperti daerah Nganjuk, tidak seperti sate Madura dan sate Ponorogo dan Kediri, yang bumbu-nya mengandung kacang, Sehingga rasanya memang khas Tulungagung-an, pada dasarnya perbédaan rasa ini dikarenakan prosesprosés bakarnya dicelupkan dalam kuah gule dan pemakaian kecap manis tradisional merk kuda khas tulungagung-an.
* [[Nasi Lodho Tulungagung]], sebenarnya kuliner ini mirip dengan kare ayam, hanya saja ayamnya dipanggang/diasap terlebih dulu dan disajikan bersama nasi/tiwul (tiwul adalah nasi yang terbuat dari gaplek/singkong) dengan pelengkap ''gudhangan (kudapan) ''sayur-sayuran, namun dalam perkembangannya lebih banyak yang disajikan (warung kaki lima) serupa dengan kare ayam. Lodho Tulungagung dibédakan dalam 2 genre,yaitu Lodho kuah kental dan encer, kekentalannya berasal dari konsentrasi santan, biasanya rasanya pedas,ayamnya ayam kampung.
* [[Sredek]], Makanan yang terbuat dari gethuk singkong, kemudian digoreng. Biasa dimakan dengan tempe goreng dan cabe mentah (sebagai lalap), adalah makanan khas Tulungagung selatan.
Baris ka-369:
* [[Emping Melinjo]], makanan ini terbuat dari biji belinjo yang dipipihkan dan kemudian dijemur seperti kerupuk.
* [[Kerupuk Gadung]], kuliner yang untuk saat ini pembuatannya hanya dikuasai oleh sedikit orang (umumnya orang tua) karena pengolahannya harus diperam dulu menggunakan abu untuk menghilangkan kandungan getah gadung agar tidak menyebabkan efek mabuk/pusing ketika dimakan.
* [[Soto Ayam Kampung Tulungagung]] warung soto dengan aroma rempah yang kuat dan kemiri sebagai penguat rasa banyak ditemui disekitaran Kecamatankacamatan Kauman dan Kecamatankacamatan Gondang
* [[Nasi pecel Tulungagung]], nasi pecel dengan karakter sambal pecel seperti di daerah KabupatenKabupatén Blitar, yang membédakan dengan pecel dari daerah lain seperti Madiun/Ponorogo adalah karakter sambal kacang yang pedas manis (karena penambahan gula jawa/gula aren) sarta aroma daun jeruk yang kuat.
* [[Sompil]], Lontong diiris kemudian disiram dengan sayur lodeh (umumnya lodeh kacang) dan diatasnya ditambahi dengan bubuk kedelai yang gurih-manis.
* [[Lopis]], makanan seperti lontong biasanya dicampur cenil, kicak atau gethuk dikasih larutan gula merah
* [[Cenil]] Yang dibuat dari singkong yang diolah melalui prosesprosés ditumbuk/digiling yang biasanya juga dibuat bersama Kicak, disajikan dengan parutan kelapa muda dan disiram dengan gula jawa/gula aren cair.
* [[Kerupuk Rambak Tulungagung]], kerupuk yang terbuat dari kulit sapi/kerbau serupa kerupuk jangek di Padang-Sumatra Barat namun dengan karakter yang lebih renyah, sentra industri kerupuk ini ada di seputaran Botoran Panggungrejo kota, Sembung.
* [[Gethuk]], singkong rebus yang dihaluskan dengan cara ditumbuk bersama gula jawa/ gula aren dan disajikan dengan taburan parutan kelapa diatasnya.
* [[Srondeng]], parutan kelapa yang digoreng dengan dibumbui sedemikian rupa sampai berwarna merah kecoklatan, kadang-kadang buat campuran dendeng sapi
* [[Jenang sabun|Jenang Syabun]], jenang yang diolah dari beras ketan menjadi serupa dodol dengan penggabungan karakter rasa manis dari dua macam gula, gula jawa dan gula pasir,jenang ini mempunyai tektur lembut namun kenyal dan tidak lengket,originalnya jenang initidakmenggunakan pengawet,sehingga jarang dipajang ditoko,jika berminat disarankan datang ke pabriknya di desadésa Botoran.
* [[Jenang Grendol]], makanan terbuat dari tepung kanji, biasanya disajikan bersama dengan Jenang Baning yang terbuat dari tepung beras sarta Jenang Ketan dari bubur ketan hitam. Secara terpisah Jenang Grendol disajikan dengan kuah santan karena karakter jenang itu sendiri yang sudah manis namun apabila dicampur akan diberikan kuah gula jawa/gula aren yang umum disebut Juruh.
* [[Geti]], adalah nuget terbuat dari wijen kadang-kadang dicampur kacang yang dimasak dengan gula sehingga memunculkan sensasi rasa yang manis-gurih.
* [[Kopi Cethe]], ampas kopi yang dijadikandijadikeun bahan pengoles rokok agar memiliki aroma yang lebih sedap.
* [[Punten Pecel]], Punten serupa dengan Jadah cuma bédanya kalau Jadah terbuat dari bahan ketan sementara Punten dari bahan beras yang ditanak dengan santan gurih dan kemudian ''dijelu atau ''ditumbuk pelan dan umumnya ditambah parutan kelapa muda sehingga tercipta adonan kenyal dan gurih yang biasanya disajikan dengan pecel.
* [[Brondong Ketan]], di Tulungagung umumnya disebut Bipang, dengan mengolah berondong dari beras ketan yang diolah dengan gula.
Baris ka-386:
* [[Glondhong Juruh]],asli Sambitan, terbuat dari kukusan ketela pohon disiram juruh kental atau dibuat dengan memasukkan singkong kedalam ke ''jadi/''wajan besar tempat orang memasak gula jawa/gula tebu sehingga menjadi manis, kadang-kadang disebut juga Cimplung yang mungkin karena dibuat dengan ''nyemplung/me''masukan singkong ke wadah pengolahan gula.
* [[Sego Bantingan]], nasi bungkus yang dijual secara murah meriah, pelengkapnya sederhana (lauk standar dan sambal/''keringan'') dan apabila ingin menambahkan sayur atau lauk ada disiapkan secara terpisah.
* [[Gembrot]], kuliner khas yang terbuat dari beberapa jenis dedaunandedaunnan yang dicampur dengan parutan kelapa yang telah dibumbui sedemikian rupa kemudian dibungkus dengan daun kelapa dan dikukus, kadang-kadang didalamnya juga ditambahkan séjénis ikan sungai atau udang.
* Gathot, makanan yang terbuat dari singkong yang direndam air garam kemudian dijemur hingga kering menjadi Gaplek, gaplek yang dicacah/diiris tipis apabila ditanak menjadi Gathot dan disajikan dengan parutan kelapa muda, sementara itu Gaplek yang ditumbuk menjadi Tiwul dan ditanak sebagai pengganti nasi
* Klethek, klethek merupakan makanan yang terbuat dari singkong yang dalam pengolahannya dicampur dengan bumbu-bumbu lainnya, seperti terasi dan kedelai. Klethek mirip dengan keripik singkong hanya saja dalam pemasakannya klethek digoreng sedikit lebih lama.
Baris ka-403:
* [[Triyogi Yuwono]], Guru besar, Rektor (2011-2015) ITS-Surabaya
* [[Pangeran Adipati Soejono]], politikus Belanda
* [[KI Dalang Moerdi Kondo Moerdiyat]], Sesepuh Tulungagung Yang Paling dihormati tahuntaun 90-an
* [[Yongki Ariwibowo]], Pesepak bola timnas Indonésia AFF cup 2010
* [[Suparno (akademisi)|Prof.Dr.H.Suparno]], Rektor Universitas Negeri Malang 2007-2014
Baris ka-424:
 
== Pemekaran Daerah ==
'''Kota Tulungagung''' adalah kota yang akan di mekarkan dari KabupatenKabupatén Tulungagung apabila mememuhi syarat Daeéah Otonomi Baru kecamatankacamatan yang akan bergabung :
 
# [[Tulungagung, Tulungagung|Tulungagung Kota]]
Baris ka-431:
# [[Tulungagung, Tulungagung|Tulungagung Timur]]
 
Apabila Kota Tulungagung dimekarkan dari KabupatenKabupatén Tulungagung makam pusat pemerintahan KabupatenKabupatén Tulungagung di pindah di [[Boyolangu, Tulungagung|Boyolangu]].
 
== Komunitas ==