Présidén Républik Indonésia: Béda antarrépisi

Konten dihapus Konten ditambahkan
Ilhambot (obrolan | kontribusi)
m Ngarapihkeun éjahan, replaced: serta → sarta , pertama kali → mimiti, Indonesia → Indonésia (3)
Ilhambot (obrolan | kontribusi)
m Ngarapihkeun éjahan, replaced: tahun → taun , partai → partéy (4)
Baris ka-31:
{{Gariswanci Presiden Indonesia}}
==Pemilihan Presiden==
présidén dan Wakil présidén dipilih dalam satu pasangan langsung oleh rakyat melalui Pemilihan Umum présidén dan Wakil présidén (Pilpres). Calon présidén dan Wakil présidén diusulkan oleh partaipartéy politik atau gabungan partaipartéy politik peserta pemilu sebelumnya. Pilpres mimiti di Indonésia diselenggarakan pada tahuntaun [[2004]].
 
Jika dalam Pilpres didapat suara >50% jumlah suara dalam pemilu dengan sedikitnya 20% di setiap provinsi yang tersebar di lebih dari separuh jumlah provinsi Indonésia, maka dinyatakan sebagai présidén dan Wakil présidén terpilih. Jika tidak ada pasangan calon présidén dan Wakil présidén terpilih, maka pasangan yang memperoleh suara terbanyak pertama dan kedua dalam Pilpres mengikuti Pilpres Putaran Kedua. Pasangan yang memperoleh suara terbanyak dalam Pilpres Putaran Kedua dinyatakan sebagai présidén dan Wakil présidén Terpilih.
Baris ka-48:
 
==Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden Yang Lowong==
Dalam hal présidén dan Wakil présidén keduanya berhalangan tetap secara bersamaan, maka partaipartéy politik (atau gabungan partaipartéy politik) yang pasangan Calon présidén/Wakil présidénnya meraih suara terbanyak pertama dan kedua dalam Pilpres sebelumnya, mengusulkan pasangan calon présidén/Wakil présidén kepada MPR.
 
Selambat-lambatnya dalam waktu 30 hari, MPR menyelenggarakan Sidang MPR untuk memilih présidén dan Wakil présidén.