Siklon Tropis: Béda antarrépisi

Konten dihapus Konten ditambahkan
Uzi herang (obrolan | kontribusi)
Uzi herang (obrolan | kontribusi)
Baris ka-38:
Waktu rata-rata anu dibutuhkeun ku hiji siklon tropis keur mimiti tumuwuh tepi ka leungitna kurang leuwih tujuh poé tapi variasina bisa ti sapoé tepi ka tilu puluh poé. <ref name=":2" />
 
== MusimUsum Siklon di Sabudeureun Indonesia ==
Dumasar klimatologina, wilayah Indonésia anu aya di sabudeureun garis khatulistiwa kaasup kana wilayah anu henteu kaliliwatan ku siklon tropis.<ref name=":3">{{Cite web|url=http://meteo.bmkg.go.id/siklon/learn/06/id|title=Musim Siklon di Sekitar Indonesia|last=|first=|website=BMKG|publisher=|accessdate=13 Februari 2018}}</ref> Tapi sanajan kitu, loba ogé siklon tropis anu aya di sabudeureun wilayah Indonésia.<ref name=":3" /> Hal ieu ngabalukarkeun akibat anu henteu langsung kana kondisi cuaca di Indonésia.<ref name=":3" /> Contona waé, siklon tropis Rossie (2008) anu kawangun di Banten beulah kulon, siklon tropis Kirrily anu kawangun di sabudeureun kapuloan Aru, siklon tropis Inigo, anu waktu masih jadi bibit bisa ngaliwatan Nusa Tenggaran jeung badai tropis Vamei (2001) anu diklaim minangka badai tropis anu kawangun pangdeukeutna jeung khatulistiwa nyaéta di sabudeureun semenanjung Malaka, perenahna dina koordinat 1.5° LU.<ref name=":3" />
 
Baris ka-44:
 
=== Siklon Tropis di Indonésia Beulah Kidul ===
Keur siklon-siklon tropis di wilayah anu deukeut jeung Indonésia kalawan histori data salila opat puluh dua taun yén di beulah kidul siklon tropis panglobana aya dina bulan Fébruari nyaéta 23% kajadian dina sabulan.<ref name=":3" /> Disusul ku bulan Maret, (22%), Januari (21%), Désémber (14%) jeung April (11%).<ref name=":3" />Tapi sanajan kitu dina bulan Juni, Juli, Agustus, jeung Séptémbér dipikanyaho mangrupa bulan-bulan anu salila opat puluh dua taun euwueh kajadian siklon tropis.<ref name=":3" />
 
Siklon tropis di wilayah ini paling sering terjadi pada bulan Februari yaitu 122 kejadian selama 42 tahun, dengan rata-rata kejadian mencapai 2,9 kejadian per tahun. Pada bulan ini kejadian siklon tropis terbanyak dialami pada tahun 1968 dimana pada saat itu terjadi 7 (tujuh) kali kejadian siklon tropis. Namun demikian ada saatnya pula di bulan Februari tidak terdapat satupun kejadian siklon tropis seperti pada tahun 1967, 1990 dan 2002.
 
Bulan Desember yang merupakan bulan teraktif kedua, selama 42 tahun terdapat 76 kejadian siklon tropis dengan nilai rata-rata sebesar 1,8 kejadian per tahun. Kondisi ekstrim pernah dialami pada tahun 1973 dimana terdapat 6 kali kejadian siklon tropis dalam satu bulan.
 
Pada bulan Juni dan Agustus terjadi frekuensi terkecil dimana selama 42 tahun tidak pernah sekalipun terdapat adanya kejadian siklon tropis.
 
=== Siklon tropis di Indonesia Beulah Kaler ===
Dengan data histori yang lebih panjang (56 tahun), diketahui bahwa wilayah dekat Indonesia sebelah Utara siklon tropis terbanyak terjadi pada bulan Agustus dimana 20% siklon tropis terjadi pada bulan ini. Disusul kemudian dengan bulan September (18%), Juli dan Oktober (15%).
 
Di bulan Agustus, dengan rata-rata kejadian sebanyak 5,2 kali siklon tropis per tahun, kondisi ekstrim maksimum pernah terjadi pada tahun 1960 (13 kali kejadian siklon tropis dalam sebulan) dan kondisi ekstrim minimum terjadi di tahun 1980 (hanya terjadi 2 kali kejadian siklon tropis dalam sebulan). Dan sebaliknya dengan jumlah kejadian terkecil 13 kali dalam 56 tahun, bulan Februari mengalami kejadian ekstrim maksimum pada tahun 1967 dan 1976 dengan 2 kali kejadian siklon tropis dan pada 45 tahun lainnya tidak mengalami siklon tropis sama sekali.
 
Pada bulan Agustus yang merupakan bulan paling sibuk bagi pertumbuhan siklon tropis di wilayah ini, dari 323 kejadian terdapat 107 kejadian yang berkembang menjadi badai tropis dan 81 diantaranya berkembang lebih jauh menjadi hurricane. Di bulan Februari yang merupakan bulan dengan jumlah kejadian siklon tropis paling sedikit (13 kejadian), hanya terdapat satu siklon tropis yang berkembang menjadi hurricane.
 
== Referensi ==