Konten dihapus Konten ditambahkan
gubrag & badeng
Baris ka-27:
 
Lagu-lagu dogdog lojor di antarana ''Balé Agung'', ''Samping Hideung'', ''Oléng-oléng Papangantén'', ''Si Tunggul Kawung'', ''Adulilang'', jeung ''Adu-aduan''.
<!--
==Angklung Gubrag==
Angklung gubrag terdapat di kampung Cipining, kecamatan Cigudeg, Bogor. Angklung ini telah berusia tua dan digunakan untuk menghormati dewi padi dalam kegiatan melak pare (menanam padi), ngunjal pare (mengangkut padi), dan ngadiukeun (menempatkan) ke leuit (lumbung).
 
===Angklung Gubrag===
Dalam mitosnya angklung gubrag mulai ada ketika suatu masa kampung Cipining mengalami musim paceklik.
Angklung gubrag ayana di kampung Cipining, kecamatan [[Cigudeg, Bogor]]. Ieu angklung umurna geus kolot, dipaké dina upacara melak, ngunjal, jeung ngadiukkeun paré ka leuit. Dumasar carita turun-tumurun, ieu angklung téh mimiti aya dina hiji mangsa paceklik.
 
===Angklung BadengBadéng===
BadengBadéng merupakantéh jenismangruipakeun keseniankasenian yangnu menekankanasalna segi musikal dengan angklung sebagai alat musiknya yang utama. Badeng terdapat di Desati Sanding, Kecamatan [[Malangbong, [[Garut]]. <!--Dulu berfungsi sebagai hiburan untuk kepentingan dakwah [[Islam]]. Tetapi diduga badeng telah digunakan masyarakat sejak lama dari masa sebelum Islam untuk acara-acara yang berhubungan dengan ritual penanaman padi.
Sebagai seni untuk dakwah badeng dipercaya berkembang sejak Islam menyebar di daerah ini sekitar abad ke-16 atau 17. Pada masa itu penduduk Sanding, Arpaen dan Nursaen, belajar agama Islam ke [[kerajaan Demak]]. Setelah pulang dari Demak mereka berdakwah menyebarkan agama Islam. Salah satu sarana penyebaran Islam yang digunakannya adalah dengan kesenian badeng.
 
Baris 41 ⟶ 39:
Lagu-lagu badeng: ''Lailahaileloh'', ''Ya’ti'', ''Kasreng'', ''Yautike'', ''Lilimbungan'', ''Solaloh''.
 
===Buncis===
Buncis merupakan seni pertunjukan yang bersifat hiburan, di antaranya terdapat di Baros (Arjasari, [[Bandung]]). Pada mulanya buncis digunakan pada acara-acara pertanian yang berhubungan dengan padi. Tetapi pada masa sekarang buncis digunakan sebagai seni hiburan. Hal ini berhubungan dengan semakin berubahnya pandangan masyarakat yang mulai kurang mengindahkan hal-hal berbau kepercayaan lama. Tahun 1940-an dapat dianggap sebagai berakhirnya fungsi ritual buncis dalam penghormatan padi, karena sejak itu buncis berubah menjadi pertunjukan hiburan. Sejalan dengan itu tempat-tempat penyimpanan padi pun (leuit; lumbung) mulai menghilang dari rumah-rumah penduduk, diganti dengan tempat-tempat karung yang lebih praktis, dan mudah dibawa ke mana-mana. Padi pun sekarang banyak yang langsung dijual, tidak disimpan di lumbung. Dengan demikian kesenian buncis yang tadinya digunakan untuk acara-acara ngunjal (membawa padi) tidak diperlukan lagi.