Konten dihapus Konten ditambahkan
Mssetiadi (obrolan | kontribusi)
Baris ka-31:
Angklung gubrag ayana di kampung Cipining, kecamatan [[Cigudeg, Bogor]]. Ieu angklung umurna geus kolot, dipaké dina upacara melak, ngunjal, jeung ngadiukkeun paré ka leuit. Dumasar carita turun-tumurun, ieu angklung téh mimiti aya dina hiji mangsa paceklik.
 
===Angklung Badéng===
Badéng téh mangruipakeun kasenian nu asalna ti Sanding, [[Malangbong, Garut]]. <!--DuluBentuk berfungsikasenian sebagaiangklung hiburanieu untukdipaké kepentinganpikeun dakwahkapentingan da'wah [[Islam]]., kira Tetapi[[abad didugaka-16]] badengatau telah[[abad digunakanka-17|17]]. masyarakatHarita, sejakArpaén lamajeung dariNursaen masa(dua sebelumwarga Sanding), diajar Islam untukka acara-acara[[kasultanan Demak|Demak]]. Samulangna ti Demak, aranjeunna nyumebarkeun ajaran Islam ka yangmasarakat berhubunganSanding denganhususna ritualmigunakeun penanamankasenian padibadéng.
Sebagai seni untuk dakwah badeng dipercaya berkembang sejak Islam menyebar di daerah ini sekitar abad ke-16 atau 17. Pada masa itu penduduk Sanding, Arpaen dan Nursaen, belajar agama Islam ke [[kerajaan Demak]]. Setelah pulang dari Demak mereka berdakwah menyebarkan agama Islam. Salah satu sarana penyebaran Islam yang digunakannya adalah dengan kesenian badeng.
 
Angklung yangnu digunakandipaké sebanyakdina sembilanpintonan buah,badéng yaituaya 2salapan: angklung roelroél dua, 1 angklung kecer hiji, 4 angklung indung danjeung angklungbapa bapaopat, 2jeung dua angklung anak; 2anu buahdibarengan ku dogdog dua, 2terebang buahatawa terbanggembyung atau gembyungdua, sertajeung 1kecrék kecrekhiji. Rumpaka Teksnyatembangna menggunakanmaké [[bahasabasa Sunda]] yangnu bercampureuyeub denganku istilah [[bahasabasa Arab]]. , Dalamnu perkembangannyakadieunakeun sekarangogé digunakanditambah pulaku [[bahasabasa IndonesiaIndonésia]]. Eusi Isirumpakana tekstaya memuatlian nilai-nilaiti Islamiajén dan nasihat-nasihat baik, sertainajén menurutIslam keperluanjeung acarapitutur. Pidangan Dalamieu pertunjukannyakasenian selainkadang menyajikanogé lagu-lagu,dibarengan disajikanku puladebus atraksinu kesaktian,mintonkeun seperti mengiris tubuh dengan senjataélmu-élmu tajamkawedukan.
 
LaguTembang-lagutembang badeng:badéng anu kawentar, di antarana ''LailahailelohLailaha illalloh'', ''Ya’ti'', ''KasrengKasréng'', ''YautikeYautika'', ''Lilimbungan'', jeung ''Solaloh''.
 
===Buncis===
Buncis merupakantéh seni pertunjukanpintonan yangnu bersifatwatekna hiburan, dinu antaranyautamana terdapatkawentar di wewengkon Baros (Arjasari, [[Bandung]]). <!--Pada mulanya buncis digunakan pada acara-acara pertanian yang berhubungan dengan padi. Tetapi pada masa sekarang buncis digunakan sebagai seni hiburan. Hal ini berhubungan dengan semakin berubahnya pandangan masyarakat yang mulai kurang mengindahkan hal-hal berbau kepercayaan lama. Tahun 1940-an dapat dianggap sebagai berakhirnya fungsi ritual buncis dalam penghormatan padi, karena sejak itu buncis berubah menjadi pertunjukan hiburan. Sejalan dengan itu tempat-tempat penyimpanan padi pun (leuit; lumbung) mulai menghilang dari rumah-rumah penduduk, diganti dengan tempat-tempat karung yang lebih praktis, dan mudah dibawa ke mana-mana. Padi pun sekarang banyak yang langsung dijual, tidak disimpan di lumbung. Dengan demikian kesenian buncis yang tadinya digunakan untuk acara-acara ngunjal (membawa padi) tidak diperlukan lagi.
 
Nama kesenian buncis berkaitan dengan sebuah teks lagu yang terkenal di kalangan rakyat, yaitu ''cis kacang buncis nyengcle...'', dst. Teks tersebut terdapat dalam kesenian buncis, sehingga kesenian ini dinamakan buncis.