Jaipongan: Béda antarrépisi

Konten dihapus Konten ditambahkan
Mssetiadi (obrolan | kontribusi)
Tidak ada ringkasan suntingan
Mssetiadi (obrolan | kontribusi)
Baris ka-7:
 
Mucunghulna tarian karya Gugum Gumbira awalna disebut Ketuk Tilu kamekaran, nu memang sabab dasar tarian eta mangrupakeun kamekaran tina Ketuk Tilu. Karya munggaran Gugum Gumbira kacida kentelna keneh ku kelir ibing Ketuk Tilu, boh tina segi koreografi atawa iringannana, nu satuluyna tarian ieu jadi populer kalayan sebutan Jaipongan.
 
==Kamekaran==
Karya jaipongan munggaran nu dipikawanoh ku masarakat nyaeta tari "Daun Pulus Késér Bojong" jeung "Réndéng Bojong" nu duanana mangrupakeun jenis tari awewe jeung tari papasangan (lalaki jeung awewe). Tina tarian ieu mucunghul sababaraha ngaran penari jaipongan nu parigel saperti [[Tati Saleh]], [[Yeti Mamat]], [[Eli Somali]], jeung [[Pepen Dedi Kurniadi]]. Awal kemunculanmucunghulna tarianibing tersebutieu sempatkungsi menjadijadi perbincanganwangkongan, yangnu isu sentralnyasentralna adalahnyaeta gerakan yangnu [[erotisme|erotis]] dantur vulgar. NamunTapi dariku ayana ekspos beberapasababaraha media cetakcitak, namangaran Gugum Gumbira mulai dikenaldipikawanoh masyarakatku masarakat, apalagikomo setelahdeui sanggeus tari Jaipongan padadina tahuntaun [[1980]] dipentaskandipintonkeun didina [[TVRI]] stasiunstasion pusatpuseur [[Jakarta]]. DampakBalukar daritina kepopulerankasohoran tersebutieu lebihnyaeta meningkatkanbeuki frekuensi pertunjukanningkatna, baikboh di media [[televisi]], [[hajatan]] maupunatawa perayaan-perayaan[[kariaan]] yangnu diselenggarakandiayakeun oleh pihakku [[swasta]] danjeung pemerintah[[pamarentah]].
{{tarjamahkeun|Indonesia}}
<!--
==Kamekaran==
Karya jaipongan munggaran nu dipikawanoh ku masarakat nyaeta tari "Daun Pulus Késér Bojong" jeung "Réndéng Bojong" nu duanana mangrupakeun jenis tari awewe jeung tari papasangan (lalaki jeung awewe). Tina tarian ieu mucunghul sababaraha ngaran penari jaipongan nu parigel saperti [[Tati Saleh]], [[Yeti Mamat]], [[Eli Somali]], jeung [[Pepen Dedi Kurniadi]]. Awal kemunculan tarian tersebut sempat menjadi perbincangan, yang isu sentralnya adalah gerakan yang [[erotisme|erotis]] dan vulgar. Namun dari ekspos beberapa media cetak, nama Gugum Gumbira mulai dikenal masyarakat, apalagi setelah tari Jaipongan pada tahun [[1980]] dipentaskan di [[TVRI]] stasiun pusat Jakarta. Dampak dari kepopuleran tersebut lebih meningkatkan frekuensi pertunjukan, baik di media televisi, hajatan maupun perayaan-perayaan yang diselenggarakan oleh pihak swasta dan pemerintah.
 
Kehadiran Jaipongan memberikan kontribusi yang cukup besar terhadap para penggiat seni tari untuk lebih aktif lagi menggali jenis tarian rakyat yang sebelumnya kurang perhatian. Dengan munculnya tari Jaipongan, dimanfaatkan oleh para penggiat seni tari untuk menyelenggarakan kursus-kursus tari Jaipongan, dimanfaatkan pula oleh pengusaha pub-pub malam sebagai pemikat tamu undangan, dimana perkembangan lebih lanjut peluang usaha semacam ini dibentuk oleh para penggiat tari sebagai usaha pemberdayaan ekonomi dengan nama Sanggar Tari atau grup-grup di beberapa daerah wilayah Jawa Barat, misalnya di Subang dengan Jaipongan gaya "kaleran" (utara).
 
Baris ka-20:
Dewasa ini tari Jaipongan boleh disebut sebagai salah satu identitas keseniaan Jawa Barat, hal ini nampak pada beberapa acara-acara penting yang berkenaan dengan tamu dari negara asing yang datang ke Jawa Barat, maka disambut dengan pertunjukan tari Jaipongan. Demikian pula dengan misi-misi kesenian ke manca negara senantiasa dilengkapi dengan tari Jaipongan. Tari Jaipongan banyak mempengaruhi kesenian-kesenian lain yang ada di masyarakat Jawa Barat, baik pada seni pertunjukan wayang, degung, genjring/terbangan, kacapi jaipong, dan hampir semua pertunjukan rakyat maupun pada musik dangdut modern yang dikolaborasikan dengan Jaipong menjadi kesenian Pong-Dut.Jaipongan yang telah diplopori oleh Mr. Nur & Leni
-->
 
[[Kategori:Ibing]]
 
==Sumber rujukan==
*Wikipedia Basa Indonesia